Minggu, 14 Desember 2008

Seminar Peningkatan kesadaran Sejarah

Seminar Tentang Peningkatan Pembinaan sejarah bagi generasi Muda

Pada Tanggal 2 Desember sampai 4 Desember 2008 di Hotel Indonesia Jl Gajah Mada Pekalongan, telah diselenggarakan kegiatan Pembinaan Kesadaran Sejarah bagi Generasi Muda yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Seksi Nilai bidang Nilai Budaya, Seni dan Film.Adapun sasarannya adalah siswa/siswi SMA dan SMK diseluruh Kabupaten kota di ex Karesidenan Pekalongan dari ujung timur yakni Kabupaten Batang sampai Kabupaten Brebes, dengan peserta dan pendamping masing-masing kabupaten kota sebanyak sembilan orang.Pelaksanaan kegiatan ini dibuka oleh Drs Agus Dono Karmadi.
Peserta diberi bekal materi dalam bentuk ceramah yang diberikan oleh para pakar sejarah seperti Prof. Dr Wasino dari Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Dr Warto dari Jurusan Sejarah UNS, serta Dr. Yetty Rochwulaningsih, M Si dari Jurusan Sejarah UNDIP, serta pemakalah lainnya.Selain diberi materi di ruangan, peserta diajak mengunjungi obyek sejarah seperti Museum Batik Pekalongan, Klenteng Po An Thian Pekalongan serta Makam leluhur bupati Tegal Ki Gede Sebayu Di Dana warih dan Makam Sunan Amangkurat I di Kabupaten Tegal.Semangat kebangsaan yang dikawatirkan menurun diingatkan kembali salah satunya lewat penyadaran sejarah, nasionalisme serta wawasan kebangsaan.
Para siswa umumnya tertarik dengan kegiatan ini dan baru tahu disekitar mereka ternyata ada obyek sejarah yang menarik, seperti museum batik di Pekalongan yang berisi koleksi batik pekalongan dan nusantara serta diajarkan cara membuat batik. Selain itu dengan melihat klenteng tua Po An Thian secara dekat, mereka tahu ada kegiatan apa di balik klenteng itu.Peserta diingatkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa serta kesadaran bersejarah serta menghargai para pahlawannya. Bukankah ungkapan bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa para pahlawannya dan ingat pula ungkapan Jas Merah. Jangan Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Nah lho!

Pekalongan 4 Desember 2008



Bambang Indriyanto, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

BUKU TAMU

PROFILKU

Foto saya
Pekalongan, Jawa tengah, Indonesia

Yang mengunjungi Blog ini

CHATTING


ShoutMix chat widget

JAM BERAPA ?

KELUARGAKU

KELUARGAKU
Wisuda Statistik Terapan D3 MIPA UNNES

gubuk

gubuk
di depan rumah

wisuda UNNES

wisuda UNNES
Fakulta s MIPA Jurs Pendidikan Matematika

KAMUS INGGRIS-IINDONESIA

Bagaima isi puisiku ?

PENGIKUT

KOMENTAR