Rabu, 26 November 2008

Puisi 8

KEPADA PENYAIR
Bambang Indriyanto

Penyair yang arif,
tolong bacakan puisi Tuhanku
biar kudengar dan menyusup di kalbu
yang beku tercemar dan berdebu

Penyair yang bijak,
tolong buatkan aku sebuah sajak
tentang bulan dan bintang
tentang gelap terang
dan tentang orang-orang yang terpinggirkan
serta termuliakan di sisiNya

Penyair yang manis,
ajarkan aku membedah puisiNya
agar aku terjaga
dari mimpi pelangi warna

Agar aku dapat bertahan
dalam membelah kehidupan
serta sempat membersihkan bau badan
sehingga aku dapat tidur dengan nyaman


Pekalongan, Februari 1978
( Antologi Puisi Kiara I, Juni 2000 )

Puisi 9

BULAN ITU
Bambang Indriyanto

Bulan itu mengintip dari balik pohon waru
Lalu menguntitku

Debar jantung menguat
Galau hati terasa nikmat

Tetapi dalam hati aku berkata :
Walaupun dalam bening mataku
Menari baying-bayangmu
Namun toch rinduku
Takkan bergetar sampai padamu


Yogyakarta, Januari 1980
( Antologi Puisi Kiara I, Juni 2000 )

Puisi 10

CATATAN DI BULAN APRIL
Bambang Indriyanto

Ketika peluru harus berdialog
ketika nurani terbang jauh di awan
ketika api mengumbar kesumat

Yang tersisa Cuma tetangis
rumput yang menggeliat di padang gersang
dan angin segan bertiup

Burung gagak dendangkan luka
mengepak sayap di antara laut dan gunung
kabarkan renjana di pinggir bencana

Mimpi mengukir rembulan
dan bermahkota bintang
tumpah dalam Lumpur legam

Adakah pelangi turun seusai hujan
adakah tunaskan tumbuh usai kemarau
dan hati kembali bernyanyi bersama celoteh pipit
pada sore dingin yang menggigit

Batang, 10 April 2003

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

BUKU TAMU

ARSIP BLOG

PROFILKU

Foto saya
Pekalongan, Jawa tengah, Indonesia

Yang mengunjungi Blog ini

CHATTING


ShoutMix chat widget

JAM BERAPA ?

KELUARGAKU

KELUARGAKU
Wisuda Statistik Terapan D3 MIPA UNNES

gubuk

gubuk
di depan rumah

wisuda UNNES

wisuda UNNES
Fakulta s MIPA Jurs Pendidikan Matematika

KAMUS INGGRIS-IINDONESIA

Bagaima isi puisiku ?

PENGIKUT

KOMENTAR